Wednesday, September 10, 2008

No Longer 24/7

Kemarin malem, g terlibat perdebatan seru dengan salah seorang temen g tentang perlu gak-nya shut down komputer saat ga digunakan. G sampai sekarang masih bersikeras, keukeuh bahwa itu perlu. Why?

Pertama karena alasan pelit. Yah, g ini pelit. Ngirit 70 ribu sebulan bagi g adalah hal yang perlu dilakukan. 70 ribu dari mana?

Misalnya g nyalain komputer 24 jam sehari, termasuk pada saat g tidur dan ke kantor. Anggap saja dalam sehari komputer g pake 13 (corrected, thanks to tintabiru) jam, which means komputer itu standby tanpa g pake selama 11 jam. Biasanya sebuah PC memakan energi 350-400 watt (ini berdasarkan angka yang g lihat di power supply yah). Itu belum monitor, speaker dan perlengkapan lainnya. Anggap saja totally 400 watt digunakan oleh PC. Jadi sejamnya, PC itu menguras energi sebesar 400wH (wattHour). Yang berarti dalam sebelas jam g menggunakan 4400wH atau 4,4 kwH. Dengan demikian dalam sebulan, g menggunakan 4.4kwH x 30 hari = 132kwH energi listrik.

Berdasarkan tarif listrik dari PLN sejak tahun 2003, untuk pemakaian setelah 60kwH bagi pelanggan dengan daya batas 2200VA, setiap 1 kwH nya dikenakan beban 530 rupiah. Tentu saja di rumah g ada kulkas, tv, lampu dll yang hampir pasti tiap bulannya pemakaian listriknya lebih dari 60kwH, maka untuk penggunaan komputer g akan menggunakan tarif 530 ini.

Dengan tarif 530 per kwH, maka uang yang harus g keluarkan untuk membayar penggunaan komputer yang sebenarnya ga g pake adalah 132kwH x Rp 530 = Rp. 69.960. So jelas kan, 70 ribu terbuang percuma kalo g nyalain kompie g dan gak g pake.

Ironisnya, seringkali kita susah dan berat hati mengulurkan 500 rupiah kepada anak jalanan yang kita temui di pinggir jalan, tapi kita secara gak sadar membuangnya setiap 2 jam 8 menit saat kita tidur dengan komputer menyala tanpa digunakan.

Alasan kedua global warming. Haiz... sok gaya banget nih. Tapi bener loh. Menurut salah satu situs yang membahas global warming di sini, sebesar 790-1017 gram CO2 dilepas ke udara untuk menghasilkan listrik 1 kwH jika pembangkit listrik menggunakan batu bara.

Menurut IPPC (Intergovernmental Panel for Climate Change), koefisien CO2 di Indonesia adalah 781.2621 gr/kWh. So, sebulan g udah melepas 132 kwH x 781.2621 gr/kWh = 103,126 kg CO2 ke udara. Haiz.... mo jadi apa dunia ini? Menurut situs ini peningkatan konsentrasi CO2 sebesar 2 kali lipat akan diikuti perubahan suhu sebesar 3-4,2 derajat Celcius. So, kebayang dong, seberapa besar efeknya?

CMIIW, it's just my thought. N kayanya pemikiran ini sering diungkap juga di berbagai situs anti global warming, seperti wwf. So, jangan nyalain komputer 24/7 yah. Matiin saat ga dipake. Efeknya gede loh, baik bagi kantong maupun bagi dunia ini.

Ada tambahan dari Adrian ni (a lot of thanks yah):
tambah.. ikutan.. nimbrung : lebih cepat rusak! emang bener proc ma ram itu lifecycle nya panjang banget.. tapi jangan lupa kapasitor mobo dan cycle hdd ga segede itu.. apalagi listrik indo ga gitu stable.. so kalo nyalain terus2in mobonya bakal lebih cepet abis de :).. dan nyari mobo berkualitas buat komponen lama itu pekerjaan yang mayan menyebalkan :)

15 comments:

Anonymous said...

Hmmm... benar juga yach... tapi misalkan kalo saya nyalain kompi 24/7 buat donlot film (penulis bukanlah seorang pembajak... sawah maksudnya -red), bila (if) saya bisa mendapatkan lebih dari 10 film maka saya akan mengurangi pengeluaran untuk beli dvd Rp. 70.000,00 yang artinya kalo semua orang donlot-donlot film maka produksi dvd bajakan akan habis, nanti jadinya uda gak ada yg produksi dvd deh, cover dvd bisa go digital deh, gak ada pohon2 yg ditebang lagi dan we save the rainforest. Catatan : ini bukan untuk membela siapa yang benar dan salah, cuman saya hari ini masih nyalain kompi, donlot belum selsai, sori yah jer dan fellys, huehehehe

Anonymous said...

@beib :
yang g mention kan 'saat komputer ga dipake'. Kalo lo donlot, brarti pake kan? haiz.....

10 film dalam brapa jam tuh? Anggap aja 1 film 350MB, dengan asumsi menggunakan fastnet dan donlot dari rapidshare free yang kecepatannya 30kbps. Berarti 10 film 1991,11 menit (33,19 jam). Listrik yang digunakan adalah
400 watt x 33.19 jam = 13.276 kwH. Biayanya hanya 7036.8 rupiah.

Setuju banget kalo mo donlot daripada beli bajakan. Memberantas orang2 yang mengambil keuntungan dari bajakan, ya gak? Tapi ntar hubungannya ma orang2 anti-piracy tuh, karena lo juga dah membajak. Hayo... *padahal g juga membajak nih...

Anonymous said...

semlm lu debat juga toh.. setelah mendengar ocehan yang ga jelas dr gua.. hehe.. anyway thanks semlm..

wah.. kompi di rumah g jarang bgt dinyalain... secara pulank dah mlm.. enakan bobo.. hahahhaha.. berarti g telah melakukan penghematan dan membantu dunia,wakakakakkakaka...

Ika Devita Susanti said...

setuju hans ama kamu!

hemat dan sekaligus melindungi lingkungan....

semangat!!

Anonymous said...

q nggak pernah tu tinggal tidur dengan lapie menyala.tapi kalo make bisa sampe jam-jam-an :D
tapi setuju dah..save our world!

Anonymous said...

@handy : ga jelas? jelas kok, masih bergema di kuping g neh... heheh... sama2 bro..

iya, sudah membantu. tapi buat apa tu kompie? kasian kali dianggurin. heheheh..

@icha : harus setuju donk. btw, icha ga gitu kan??? hehehhehe...

@elmo : iyo gpp, asal dipake aja. tapi ya jgn lama2, ntar gendut loh, soale kan kalo depan kompie jadi ga gerak2.

Anonymous said...

tambah.. ikutan.. nimbrung : lebih cepat rusak! emang bener proc ma ram itu lifecycle nya panjang banget.. tapi jangan lupa kapasitor mobo dan cycle hdd ga segede itu.. apalagi listrik indo ga gitu stable.. so kalo nyalain terus2in mobonya bakal lebih cepet abis de :).. dan nyari mobo berkualitas buat komponen lama itu pekerjaan yang mayan menyebalkan :)

Anonymous said...

@adrian : oh ya? pengetahuan baru nih. thanks for info nya. G tambahin di blog yah... thanks...

tintabiru said...

Itung2annya biaya listrik keliru tuh.
Pertama, 24-14=10 bukan 11.
Kedua, Perhitungan konsumsi listrik komputer nggak segitu segitu amat kok. 350 Watt nggak disedot habis gitu.

Anonymous said...

@tintabiru : thanks for correction. Already corrected yah.

Em, iya yah? Anggep aja penggunaan energi-nya setengah dari yang aku sebutin di atas. So, kita masih membuang uang 35000 ke udara kan? Dan juga meng-emisi tidak kurang dari 50kg CO2 ke udara juga.

Intinya, kalo kita bisa hemat, knapa ga? Toh penghematan kita juga membantu memperpanjang umur bumi ini.

naki said...

di kantor gw tuh , rata2 ga perna shutdown , paling di-lock doang

haeshh parahh dahh . palingan juga di-mati-in sama ts-nya tiap jumat

Danie Cung Cung said...

Hm.. kalo cung2 karena bayar listrik sendiri sangat berhemat dengan listrik..

incase kalo gue bener2 pake kompinya, mungkin bisa nyala.. kadang2 waktu tidur.. tapi itupun meninggalkan downloadan..

kalo yang useless banget sih.. kalo mau tidur, nyalain mp3 winamp.. ditinggal tidur.. besok pagi dimatiin.. Sayangnya kompie ga bisa mati sendiri..

Pitshu said...

kalo mamam bobox, kompinya lagi dl, di tinggal bobox di itung ga kepakek enggak !? kan downloadnya lagi jalan, tapi kita ga di depan kompi sih! hahahah ^^. Bisa auto shutdown kalo dl-annya selesai juga!!

Tha..^^ said...

setuju hans.. hemat listrik itu harus, buat menghemat biaya :D

Anonymous said...

@naki : bunuh aja kompienya... hihih.. tapi naki ga gitu kan?

@cung2 : bagus nak, teruskan ya...

@pitshu : cara yang bagus tuh Pitsh. ada program gitu ya? programnya apa?

@tha : ho'oh. *highfive!!!